//phaurtuh.net/4/4345761 Walikota Riza Falepi Kukuhkan Pengurus KAN Dan Bundo Kanduang Kecamatan Lamposi Tigo Nagori - KABAR KINI SITE

Walikota Riza Falepi Kukuhkan Pengurus KAN Dan Bundo Kanduang Kecamatan Lamposi Tigo Nagori

  • Bagikan
banner 468x60



Payakumbuh,kabarkinisite.com — Bertempat dihalaman kantor Camat Lamposi Tigo Nagori (Latina), walikota Payakumbuh Riza Falepi kukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagori (KAN) dan Bundo Kanduang di 3 (tiga) nagari di kecamatan Latina, yakni nagori Parambahan, Sungai Durian dan nagori Koto Panjang, Senin (30/8).

Dari ketiga nagori yang dikukuhkan walikota Riza Falepi, pengurus KAN dan Bundo Kanduang nagari Sungai Durian akan bekerja untuk nagori di periode 2021-2026, serta nagori Parambahan dan nagori Koto Panjang periode 2020-2025.



Adapun untuk total seluruh pengurus KAN dan Bundo Kanduang di ketiga nagori yang dikukuhkan berjumlah sebanyak 121 orang. Serta untuk pengurus KAN nagori Parambahan periode 2020-2025 yang dikukuhkan yakni W. Dt. Tamarajo sebagai ketua, JL. Dt. Asa Batuah sebagai wakil ketua, Dedi Kurniawan Ongku Lisma dan Z. Dt. Mulia Saiyosebagai sekretaris serta M. Dt. Ogah sebagai bendahara. Dan Bundo Kanduang yang dikukuhkan yakni Syafni, S. Pd. I sebagai ketua, Cornelia, SE sebagai wakil ketua 1, Indrawati sebagai wakil ketua 2, Mulyawati sebagai wakil ketua 3, Herlini, A. Md sebagai sekretaris, Khalijah sebagai wakil sekretaris dan Ratiherawati, S. Pd sebagai bendahara.

banner 336x280



Sedangkan Pengurus KAN Nagori Koto Panjang periode 2020-2025 yang dikukuhkan yakni H. E. N. Dt. Majo Lobiah Nan Putiah sebagai ketua, N. Dt. Tunadie sebagai wakil ketua 1, Drs. M. Dt. Patiah Nan Kuniang sebagai wakil ketua 2, U. Dt. Paduko Malano sebagai wakil ketua 3, K. Dt. Mangkuto Sati sebagai wakil ketua 4, Drs. H. A. S. Dt. Majo Lobiah Nan Kuniang sebagai sekretaris, I. M. Dt. Naro sebagai wakil sekretaris, H. Z. Dt. Rajo Bosa, S. Pd sebagai bendahara dan Drs. M. Dt. Parpatiah sebagai wakil bendahara. Dan Bundo Kanduang yang dikukuhkan periode 2020-2025 yakni Nur’aini sebagai ketua, Agustina sebagai wakil ketua 1, Despita Reni sebagai wakil ketua 2, Ismarti sebagai wakil ketua 3, Ritawati sebagai sekretaris, Santi Alminda sebagai wakil sekretaris dan Yuliza sebagai bendahara.

Kemudian Pengurus KAN nagori Sungai Durian periode 2021-2026 yang dikukuhkan yakni H. Irman, Dt. Pangulu Sati sebagai ketua, B. Dt. Paduko Sindo sebagai wakil ketua 1, Y. Dt. Bandaro Bunsu sebagai wakil ketua 2, S. Dt. Ajo Dirajo sebagai wakil ketua 3, M. Dt. Gindo Simarajo sebagai wakil ketua 4, Yanuar Imam sebagai sekretaris, Y. Dt. Majo Adia sebagai wakil sekretaris, dan A. Dt. Parpatiah sebagai bendahara. Dan untuk Bundo Kandung nagari Sungai Durian periode 2021-2026 yang dikukuhkan yakni Lendriati sebagai ketua, Rismalia, S. Pd sebagai wakil ketua 1, Mairastiti sebagai wakil ketua 2, Lismawati sebagai wakil ketua 3, Rini Setiawati sebagai sekretaris, Disna Harifa sebagai wakil sekretaris, Hj. Yendra Siswati sebagai bendahara dan Linda. P sebagai wakil bendahara.



Setelah dikukuhkan, Walikota mengucapkan selamat kepada Pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru dan terima kasih kepada pengurus lama atas pengabdian selama ini.

“Terimakasih kepada pengurus yang lama dan juga warga di wilayah Latina atas bantuan dan partisipasi dalam pembangunan kota selama ini,” ujar Riza Falepi.

Disampaikan Riza, wilayah Latina merupakan kecamatan baru di kota Payakumbuh, dan setelah dilakukan pemekaran ditahun 2009 silam, sudah dua kali pengukuhan berlangsung terhadap pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang mengabdi untuk nagori di kecamatan Latina.

Menurut walikota dua periode itu, Latina merupakan wilayah yang sangat strategis untuk kota Payakumbuh, karna Latina merupakan wilayah baru dan masih sangat bagus dalam perencanaan untuk pengembangan dan pembangunan yang hal ini untuk kemajuan kota Payakumbuh kedepannya.

“Dengan telah dilantiknya pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru ini, semoga kedepan sinergitas antara masyarakat adat dan pemerintah akan semakin erat lagi sehingga membawa perubahan yang semakin lebih baik untuk Latina dan terutama untuk kota Payakumbuh”, harap Riza Falepi.



Dalam kesempatan pengukuhan tersebut, turut hadir Ketua LKAAM Provinsi Sumatra Barat yang diwakili H. D. Dt. Rajo Paduko Nan Bagonjong menyampaikan terhadap pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang telah dilantik, diharapkan kepada seluruh elements masyarakat nagori di Latina untuk dapat selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk kemajuan kedepannya.

”Kiranya masyarakat adat kita dapat menjaga kekompakan antara kultur dan struktur yang ada. Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat adat bersama pemerintah daerah tentu untuk mewujudkan Payakumbuh yang lebih maju kedepannya,” tukas Dt. Rajo Paduko Nan Bagonjong.

Acara pengukuhan KAN dan Bundo Kanduang di kecamatan Latina turut dihadiri unsur Forkopimda Payakumbuh, sejumlah Kepala OPD, ketua KAN se-kota Payakumbuh, LKAAM Provinsi Sumatra Barat, LKAAM Kota Payakumbuh serta Niniak Mamak dan Bundo Kanduang di Nagori-Nagori Kecamatan Latina. (Joli)

#lipsushumasdiskominfopayakumbuh

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *