//phaurtuh.net/4/4345761 Nagari Sungai Patai Miliki Kuliner Kubang - KABAR KINI SITE

Nagari Sungai Patai Miliki Kuliner Kubang

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar,kabarkinisite.com – Kubang, berbicara tentang Kubang tentu terlintas di pikiran kita martabak Mesir Kubang , namun di salah Satu Nagari Yang berada Di Kabupaten Tanah Datar,Akan tetapi sebutan Kubang yang satu ini berbeda dari kuliner martabak tersebut. Kuliner yang termasuk dalam penganan kecil ini disajikan dengan cara digoreng dan berbahan baku tepung beras dan beras ketan (puluik).

Masyarakat Tanah Datar khususnya yang ada di Nagari Sungai Patai, Kecamatan Sungayang menyebutnya dengan Kubang Bareh. Bahan baku olahan Kubang Bareh itulah yang akan mempengaruhi warna penganan tersebut ketika sudah digoreng dan siap disajikan. Jika dari tepung beras akan berwarna cokelat, jika dari ketan putih akan berwarna putih dan jika ketan hitam Kubang Bareh akan berwarna hitam pula.

Kubang Bareh di Sungai Patai dan Sungayang merupakan penganan wajib yang setiap saat selalu hadir mewarnai alek atau pesta-pesta besar seperti Baralek, Sunatan, Khatam Quran atau Kenduri menjelang puasa dan saat lebaran. Kubang Bareh selalu disajikan bersama penganan khas lainnya seperti lopek, sarikaya, dan penganan berjenis kue lainnya.

Dalam acara perkawinan, Kubang Bareh juga merupakan menu wajib yang dibawa oleh para pengiring pengantin. Bersama dengan jenis makanan lainnya, Kubang Bareh dibawa mengunakan dulang atau talam kuning besar yang berdiameter kira-kira 30 cm dan ditutup kain sulaman benang emas serta kain beludru.

Isi dari Kubang Bareh itu sendiri terkadang bervariasi. Paling umum, biasanya diisi dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula pasir. Rasanya hampir mirip wajik atau (gorengan) yang juga diisi oleh ketan dan parutan kelapa. Penasaran ingin mencobanya, bisa langsung datang ke Tanah Datar, tepatnya di Nagari Sungai Patai, Kec. Sungayang. Jangan lupa untuk datang saat ada acara besar, karena akan lebih mudah mendapatkan penganan yang khas itu. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.