//phaurtuh.net/4/4345761 Sosialisasi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dihadiri Sekretaris Nagari se Tanah Datar - KABAR KINI SITE

Sosialisasi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dihadiri Sekretaris Nagari se Tanah Datar

  • Bagikan
banner 468x60

Pagaruyung – Pentingnya peran semua pihak dalam mengantisipasi terjadinya kekerasan terhadap perempuan, karena dengan berkembangnya media sosial dengan bermacam aplikasinya disaat sekarang, diharapkan peran orang tua dan keluarga dalam mengawasi dan mendampingi dalam penggunaannya karena banyaknya kasus kekerasan berawal dari media sosial.

Itulah yang disampaikan Nara Sumber Sosialisasi Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak oleh Mustafa Akmal, SH, MH yang dihadiri seluruh Sekretaris Nagari se Tanah Datar dan Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan se Tanah Datar, dan Narasumber Mustafa Akmal, SH, MH, dan Yuninda Tria Ningsih, S.PSI, M.PSI dari Psicologi serta dihadiri oleh Kabid P2P Sumsum Horda, Senen lalu di Aula kantor Bupati Tanah Datar Pagaruyung.

Menurut Mustafa Akmal, bila sudah terjadi kekerasan terhadap anak ataupun bermasalah dalam hukum anak-anak perlu pendampingan hukum sampai kasus selesai, dalam mengembalikan kondisi psikisnya perlunya peran dari dinas sosial dan lembaga kemasyarakatan di nagari.

“Bila ada anak ataupun kemenakan yang bermasalah dengan hukum jangan langsung di vonis bersalah karena saat itu diperlukan pendampingan dalam penyelesaiannya, tutur Mustafa Akmal yang juga advokat.

Sebelumnya Kepala Dinas sosial dan dan pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan anak Kabupaten Yuhardi dalam pembukaan sampaikan, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak serta pemberdayaan perempuan. guna memininalisir peristiwa kekerasan, baik secara psikis dan psikologis.

Yuhardi sebut, apalagi Tanah Datar kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat nasional, anak adalah aset bangsa dan daerah yang harus dijaga dan dilindungi hak-hak. Karena itulah Mari bersama-sama kita menjaga dan melindungi anak-anak dengan memperhatikan hak-hak dan kebutuhan mereka.

Kita bersama harus aktif memantau masyarakat, keluarga supaya tidak terjadi kekerasan terhadap perempuan dan anak karena itulah dalam sosialisasi ini kita hadirkan seluruh sekretaris nagari karena sekretaris nagari memiliki peran aktif dalam mendukung kegiatan yang dilaksanakan dinagarinya.

Harapan kita minta melalui sekretaris nagari disamping mengusulkan dan menganggarkan dana untuk kegiatan ini, sehingga tingkat kekerasan anak di Tanah Datar semakin menurun, sampai Yuhardi.

Harapan yang sama juga disampaikan Yuninda Tria Ningsih dalam paparannya dengan tema “ mencegah kekerasan terhadap Anak, menyampaikan banyaknya kasus kekerasan terhadap anak terutama terhadap perempuan dibawah umur rata-rata, kekerasan terhadap anak dibawah umur cendrung diketahui setelah terjadi berulang-ulang karena sikorban takut menceritakan karena adanya ancaman dari pelaku.

Untuk itu dalam pencegahannya diperlukan pendampingan dan peranan orang tua seta keluarga, dalam mengembalikan Psicologi si anak karena dalam kasus tersebut dia selalu ambil bagian untuk memberikan pendampingan terhadap anak korban sedangkan pelaku anak didampingi oleh penasehat hukum sampai kasusnya selesai.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *