//phaurtuh.net/4/4345761 Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen UNP Berikan Sosialisasi Peranan BUMNag Dalam Kemadirian Ekonomi di Nagari Salimpaung - KABAR KINI SITE

Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen UNP Berikan Sosialisasi Peranan BUMNag Dalam Kemadirian Ekonomi di Nagari Salimpaung

  • Bagikan
banner 468x60

Salimpaung – Tim Pengabdian Masyarakat UNP yang diketuai oleh Yuliarti, S.E., M.E. dan beranggotakan Hidayatul fajri,S.Ap., MPA melakukan kegiatan kemitraan masyarakat Kemendikbud Ristek dan Universitas Negeri Padang di Nagari Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021 (27-28/09/2021) beberapa bulan lalu.

Yuliarti.SE.ME sampaikan kepada metrosumatranews.com melalui telpon selulernya Minggu (14/11/2021) bahwa kegiatan ini tidak berakhir sampai disini, karena kegiatan ini akan berkelanjutan kedepanya, juga nantinya dalam pembinaan pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Nagari Salimpaung.

Dalam rencana awal kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli, namun harus tertunda karena adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Kebijakan PPKM ini diterapkan di beberapa Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Sumatera Barat dan salah satunya Kota Padang yang saat itu berada pada level 4.

Yuliarti.SE.ME selanjutnya sampaikan kegiatan di Salimpaung, bertempat di gedung pertemuan kantor wali nagari Salimpaung kegiatan ini dihadiri langsung dan dibuka secara resmi oleh wali nagari Salimpaung Drs. Marjohan, selain itu juga dihadiri oleh ketua BUMNag Salimpaung Jumardi dan pengurus inti, beserta aparatur nagari yang terkait.

Dalam sambutan Ketua tim pengabdian Yuliarti, S.E., M.E menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak wali nagari yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Menurutnya nagari Salimpauang memiliki banyak potensi lokal yang dapat dikembangkan sebagai unit usaha, namun ada pondasi awal yang perlu dibangun yaitu kelembagaan BUMNag yang kokoh, agar tata kelolanya berjalan dengan baik.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber, Artha Dini Akmal, S.Ap., MPA. memberikan materi tentang “Tata Kelola Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang sesuai dengan UU dan Pedoman Tata Kelola”.

Menurut beliau ini adalah hal yang benar-benar perlu dipahami, karena yang sering kali menjadi permasalahan terkait BUMNag adalah kepengurusan dan tata kelolanya. Untuk memberikan perbandingan dan diharapkan dapat menjadi motivasi.

Selanjutnya narasumber juga menayangkan sebuah video yang menggambarkan BUMDes yang sudah sukses. Dalam video tersebut nampak bagaimana perjalanan awal BUMDes Niagara Kabupaten Bandung hingga mampu memberikan sumbangan besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendapatkan berbagai penghargaan.

Tidak hanya penyampaian materi, tim pengabdi juga meminta partisipasi langsung dalam kegiatan Brainstoming dengan tujuan meningkatkan partisipasi peserta dalam mengulik permasalahan dan potensi yang ada.

Potensi yang dimaksudkan adalah potensi nagari Salimpauang yang memiliki nilai ekonomi, hal ini diperlukan sebagai dasar pembuatan strategi bisnis yang akan dijalankan oleh BUMNag kedepannya.

Sebelumnya dalam sambutannya wali nagari Salimpaung Drs.Marjohan mengucapkan terima kasih pada tim pengabdian dari Universitas Negeri Padang (UNP) yang telah menggelar kegiatan ini.

Drs. Marjohan mengatakan, bahwa saat ini kepengurusan BUMNag di nagari Salimpauang sudah empat kali restruktur. Sehingga kegiatan sangat bermanfaat untuk untuk pengelolaan BUMNag kedepannya.

Lembaga BUMNag yang baru sudah terbentuk begitu juga dengan kepengurusan, namun kita masih mempertimbangkan usaha yang akan dikembangkan,” jelas Drs. Marjohan (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.