//phaurtuh.net/4/4345761 Tanah Datar “BAIK” Dalam Dalam Anugrah Meritokrasi - KABAR KINI SITE

Tanah Datar “BAIK” Dalam Dalam Anugrah Meritokrasi

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kembali menggelar Anugerah Meritokrasi untuk mengapresiasi instansi pemerintah yang berhasil menerapkan sistem merit dengan baik dan sangat baik. Pada 2021 ini, KASN menetapkan 45 instansi memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit sangat baik dan 77 instansi dengan predikat baik. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, di mana sebanyak 81 instansi ditetapkan mendapat kategori sangat baik dan baik.



Menurut Ketua KASN, Agus Pramusinto, keberhasilan instansi pemerintah dalam mencapai penerapan sistem merit kategori baik dan sangat baik merupakan buah kerja keras dan komitmen seluruh jajaran di instansi pemerintah dalam memperbaiki manajemen ASN. “Kami mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap seluruh instansi pemerintah yang telah berkomitmen untuk menerapkan sistem merit serta ikut dalam penilaian penerapan sistem merit dan kami berharap pula agar prestasi kali ini menjadi pemicu untuk perbaikan yang berkelanjutan dalam manajemen ASN di instansi pemerintah,” terang Agus dalam sambutannya pada Anugerah Meritokrasi di Surabaya, Selasa (7/12/2021) dikutip dari web kasn.go.id.

Acara ini digelar secara luring di Westin Grand Ballroom Surabaya pada Selasa dengan protokol kesehatan yang ketat dan disaksikan secara daring

Anugerah Meriktorasi ini diadakan dalam rangka apresiasi atas komitmen dan dukungan dalam optimalisasi dan akselerasi penerapan Sistem Merit dalam Kebijakan dan Manajemen ASN di lingkungan instansi pemerintah. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, menetapkan sasaran reformasi birokrasi dan tata Kelola pemerintahan sebagai arah kebijakan strategis nasional dengan indikator instansi pemerintah memiliki Indeks Sistem Merit Baik dan Sangat Baik

Sebanyak 103 instansi di pusat dan di daerah tercatat mendapatkan kategori ‘Sangat Baik’ dan ‘Baik’.

banner 336x280



Penilaian mempertimbangkan delapan aspek manajemen ASN, yaitu: (1) perencanaan kebutuhan; (2) pengadaan; (3) pengembangan karier; (4) promosi dan mutasi; (5) manajemen kinerja; (6) penggajian, penghargaan, dan disiplin; (7) perlindungan dan pelayanan; serta (8) sistem informasi.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jasrinaldi, Selasa (9/12/2021) kepada media menyampaikan, Kabupaten Tanah Datar berhasil memperoleh kategori “BAIK” pada tahun ini.

“Keberhasilan ini merupakan buah kerja keras seluruh jajaran BKPSDM yang berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Dikatakan Jasrinaldi, tentunya keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar serta Sekretaris Daerah.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dan arahan pimpinan yang menyarankan agar terus melakukan koordinasi dengan KASN dan instansi terkait lainnya dalam menerapkan sistem merit, prestasi membanggakan ini bisa kita raih,” katanya lagi.



Sementara itu Penyerahan Anugerah Meritokrasi KASN Tahun 2021 diselenggarakan di Ballroom The Westin Hotel Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, dihadiri Bapak Wakil Presiden RI Bapak KH. Ma’aruf Amin (daring), Kepala KASN, Kemenpan RB, pimpinan lembaga/kementerian terkait dan beberapa kepala daerah provinsi, kabupaten/kota.

Anugerah Meritokrasi tersebut diterima Bupati Tanah Datar diwakili Asistem Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto didampingi Kepala BKPSDM dan Kabid PKP BKPSDN Kabupaten Tanah Datar.

Edi Susanto dikesempatan itu menyampaikan, anugerah Meritokrasi yang diraih diharapkan mampu memberikan efek positif terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Semoga upaya yang telah dilakukan, khususnya sistem merit dapat ditingkatkan lagi demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Tanah Datar yang maju, sejahtera, dan Madani,” tukasnya. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *