//phaurtuh.net/4/4345761 Volume Sampah Meningkat Di Bulan Ramadhan DLH Lakukan Pembenahan - KABAR KINI SITE

Volume Sampah Meningkat Di Bulan Ramadhan DLH Lakukan Pembenahan

  • Bagikan
banner 468x60

Payakumbuh,kabarkinisite.com – Volume sampah di Kota Payakumbuh saat Bulan Ramadhan meningkat. Persoalan ini menjadi masalah klasik yang harus hadapi petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Payakumbuh

Kata Kepala DLH Kotta Payakumbuh, Devitra, peningkatan volume sampah di bulan puasa terjadi

Selama bulan ramadhan jumlah yang masuk ke TPA regional meningkat dari sebelumnya,” ungkap Devitra, Rabu (13/4/2022.

Meningkatnya volume sampah tersebut disebabkan beberapa jenis sampah, seperti ampas tebu dan batok kepala muda karena menjadi buruan warga untuk dijadikan menu berbuka puasa.

“Meningkatnya sampah jenis ini disebabkan perubahan dan peningkatan pola konsumsi masyarakat pada waktu berbuka puasa. Seperti kita ketahui kelapa muda dan tebu selalu jadi buruan warga untuk menu berbuka,” kata Devitra

Menyikapi persoalan tersebut, DLH berupaya meningkatkan layanan dengan strategi pergeseran shift pekerja dan sebagian kecil menambah shift pekerja yang khusus area pelayanan di pusat kota yang banyak dijumpai lokasi penjualan air tebu dan kelapa muda.

“Karena sampah tersebut harus dibersihkan hari itu juga agar kota tetap bersih setiap saat dan tidak menganggu pandangan. Ditambah lagi sampah-sampah itu lokasinya di pinggir jalan,” tambah mantan kasat PolPP ini.


“Upaya pengurangan sampah ini terus kami lakukan untuk menindaklanjuti amanat Perpres Perpres No 97 tahun 2017 dan Peraturan Walikota No 46 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada) pengelolaan sampah, dimana setiap daerah wajib mengurangi sampah ke TPA sebesar 30% hingga Tahun 2025,” tutup Devitra (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.