//phaurtuh.net/4/4345761 Disparpora Kota Payakumbuh Gelar Fact Finding Pemuda Pelopor Tk. Provinsi Sumbar - KABAR KINI SITE

Disparpora Kota Payakumbuh Gelar Fact Finding Pemuda Pelopor Tk. Provinsi Sumbar

  • Bagikan
banner 468x60



Payakumbuh — Kegiatan Pemilihan Pemuda Pelopor merupakan program rutin tahunan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dengan melibatkan propinsi dan Kabupaten / kota yang bertujuan memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pemuda atas prestasi dan kontribusi yang luar biasa untuk kemajuan masyarakat.

Bertempat di ruang pertemuan kantor bersama Bukik Sibaluik, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh sambut kedatangan rombongan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Barat bersama tim penilai guna melakukan fact finding seleksi pemuda pelopor tingkat propinsi sumatera barat untuk Kota Payakumbuh, Jumat (27/5).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Dafrul Pasi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Barat yang diwakili Kabid Pengembangan Pemuda Ibu Gusti Anola bersama tim, Kelala Disparpora Kota Payakumbuh Desmon Corina, Kepala bidang pemuda Afrizon Nasri, JF Subkoordinator Pemuda/Kasi Pemuda Yolanda Apripeli.

Asisten I Dafrul Pasi diawal sambutannya mengatakan jika dalam pemilihan pemuda pelopor merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan pemerintah terhadap pemuda Indonesia atas prestasi dan kontribusi untuk kemajuan masyarakat di bidang kewirausahaan, pendidikan, teknologi tepat guna, seni budaya dan pariwisata serta kebaharian/kelautan. Diharapkan dengan penghargaan ini maka mereka akan inspirasi dan motivasi bagi pemuda lainnya.

“pemikiran dan ide ide kreatif yang kemudian menjadi karya atau kerja nyata yang kemudian dikerjakan secara konsisten sehingga memberi nilai atau manfaat bagi masyarakat,” ujar Daf sapaan akrab Asisten I Walikota tersebut.

Melihat kondisi bangsa saat ini, kepeloporan pemuda sangat diperlukan untuk dapat melakukan terobosan bagi upaya mengatasi masalahmasalah yang dihadapi. Secara lebih spesifik kepeloporan pemuda sejatinya merupakan wahana memecahkan pelbagai masalah terkait dengan penguatan nation and character building dan mengatasi masalah sosial kepemudaan lainnya. Di sinilah pemuda diharapkan tampil sebagai garda terdepan untuk memberikankontribusi efektif, kreatif dan inovatif,” lanjutnya.

Menurut Asisten I itu, guna mendorong munculnya para pemuda yang memiliki jiwa kepeloporan maka pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan penghargaan kepada para pemuda yang telah menunjukkan semangat dalam mengembangkan potensi diri, merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Barat Gusti Anola yang juga merupakan ketua tim penilai pada fact finding seleksi pemuda pelopor sampaikan harapannya kepada pemuda yang mewakili kota Payakumbuh ini nantinya.

“Para pemuda terpilih ini diharapkan agar dapat menjadi penggerak ekonomi kreatif di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Jangan hanya berpikir dalam bentuk ide abstrak, yang susah diwujudkan,” ungkap Gusti.

Dilanjutkannya, pemuda harus melihat tantangan dan potensi yang kongkrit sehingga pergerakannya didasarkan atas gagasan yang solutif dan menawarkan jalan keluar, untuk mengembangkan dan memberi kemanfaatan di lingkungan sosial,” imbuhnya melanjutkan.

“Kami sebagai salah seorang tim penilai pemilihan pemuda pelopor kota Payakumbuh berharap para pemuda pelopor yang terpilih dapat mendorong para pemuda agar lebih produktif, inovatif dan kreatif,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disparpora Kota Payakumbuh Desmon Corina juga berharap Kota Payakumbuh dapat mengulang prestasinya kembali untuk kegiatan pemuda pelopor, kalau tidak 1 orang ke Nasional, ke empat orangnya juga boleh,” ungkapnya semangat.

Desmon sampaikan bahwa dari 5 bidang yang ada, terdapat 4 bidang yang diikuti oleh peserta dari kota Payakumbuh :

1. Bidang Pendidikan diikuti oleh Tareg Albana, Lc,
2. Bidang Pengelolaan SDA, Lingkungan dan pariwisata diikuti oleh Fadhilul Qosasi,
3. Bidang Pangan diikuti oleh M. Fauzan, dan
4. Bidang Inovasi Teknologi diikuti oleh M. Ikhsan.

Diawal kedatangan tim penilai dari Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sumatera Barat, Disparpora Kota Payakumbuh menyuguhkan penampilan tari galombang dari Sanggar Intan Bakarang yang merupakan binaan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh.

Dalam kegiatan Fact Finding tersebut terlihat juga hadir Camat Lamposi Tigo Nagori Diki Engla beserta jajaran untuk memberikan dukungan terhadap 2 orang pemuda pelopor yang berasal dari Kecamatan Lamposi Tigo Nagori yakni dari bidang pendidikan dan bidang peongelolaan SDA, Lingkungan dan Pariwisata. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.