//phaurtuh.net/4/4345761 BUKA SOSIALISASI KIE WABUP RICHI HARAP PESERTA SERIUS - KABAR KINI SITE

BUKA SOSIALISASI KIE WABUP RICHI HARAP PESERTA SERIUS

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian , SH, MH membuka Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Bersama Tokoh Masyarakat, Jumat (04/11) di GOR Jorong Bulu Kasok Nagari Tabek Kecamatan Pariangan.

banner 336x280

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama kemitraan antara BB POM Padang bersama anggota DPR RI Komisi IX dan Pemkab Tanah Datar ini dihadiri langsung oleh anggota DPR RI Komisi IX Darul Siska, Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH, Kepala BP POM Padang Abdul Rahim, Camat Pariangan Yatriwel beserta Forkompimca kecamatan Pariangan, Wali Nagari Tabek, Ketua KAN, BPRN, tokoh masyarakat, angku-angku, niniak mamak, bundo kanduang, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

Dikesempatan itu Kepala BB POM Padang Abdul Rahim menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tupoksinya BB POM bertugas mengawasi segala produk obat-obatan, kosmetik dan makanan.

“BB POM dan BPOM memiliki tupoksi berbeda, tugas dan fungsi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan atau BB POM adalah menyusun rencana dan program di bidang pengawasan obat dan makanan, pemeriksaan sarana/fasilitas produksi obat dan makanan, pemeriksaan sarana/fasilitas distribusi obat dan Makanan dan/atau sarana/fasilitas pelayanan kefarmasian,” ujarnya.

Sedangkan Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan, kebijakan nasional di bidang pengawasan obat, menyusun dan penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pengawasan sebelum beredar dan pengawasan selama beredar

“Kita melakukan pengawasan terhadap semua produk untuk memberikan jaminan kepada masyarakat dan semua produk akan di uji di laboratorium, dalam rangka untuk memastikan apa yang terkandung dalam dalam obat dan makanan tersebut,” tuturnya.

Kepada masyarakat Abdul Rahim juga berpesan agar setiap membeli produk harus ditanya dulu ada BPOM nya atau tidak dan cek produk dengan memadukan nama produknya.

Sementara anggota DPR RI Darul Siska, dikesempatan yang sama menyampaikan bahwa komisi IX menaungi bidang kesehatan. Untuk itu kewajibannya menyampaikan edukasi tentang bidang kesehatan kepada masyarakat .

“Kami memiliki program untuk dijual kembangkan melalui dana pokok pikiran, apabila masyarakat memiliki suatu program atau kegiatan. Kami dari DPR RI bisa memberikan bantuan melalui pokok pikiran atau pokir kami,” jelasnya.

Untuk itu, menurut Darul Siska dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat dalam memberikan informasi kepada masyarakat. Dan kepada peserta yang hadir juga diharap bisa menjadi perpanjangan tangan dari BBPOM dalam memberikan edukasi kepada masyarakat yang lainnya agar cerdas dalam memilih.

Sementara, Wakil Bupati Richi Aprian, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota komisi IX DPR RI Darul Siska yang telah memilih Tanah Datar khususnya Nagari Tabek sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan kegiatan memberdayaan masyarakat melalui Informasi dan Edukasi.

“Terima kasih juga kepada kepala BB POM serta para tokoh masyarakat Tanah Datar yang secara tidak langsung telah memberikan dukungan kegiatan sosialisasi produk kecantikan, obat obatan dan makanan sehat serta menyehatkan,” sampai Wabup.

Untuk itu, Wabup Richi berharap dengan adanya kegiatan pemberdayaan ini bisa bermanfaat dan mengedukasi masyarakat terutama dalam memilih obat dan makanan yang sekaligus bisa menghindarkan dari bahaya yang bisa mengganggu kesehatan.

“Saya berharap para peserta serius dalam mengikuti acara ini agar mampu memahami dan merubah mindset para pengguna kosmetik terutama remaja putri bahwa cantik itu tidak harus putih, tinggi dan langsing. Masyarakat harus lebih memahami bahwa cantik secara sehat itu seperti apa,” tukasnya.

Diakhir kegiatan itu, pihak panitia juga memberikan doorprice yang diundi secara acak melalui nomor urut yang diberikan kepada peserta diawal acara. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *