//phaurtuh.net/4/4345761 Masuk Nominasi 6 Besar Camat Berprestasi Tingkat Sumatera Barat, Tim Penilai Lakukan Verifikasi ke Kecamatan Salimpaung - KABAR KINI SITE

Masuk Nominasi 6 Besar Camat Berprestasi Tingkat Sumatera Barat, Tim Penilai Lakukan Verifikasi ke Kecamatan Salimpaung

  • Bagikan
banner 468x60

Batusangkar, – Program Inovasi “Rajawali” yakni Rapat Kerja dengan Jajaran Wali Nagari yang digagas Camat Salimpaung Herru Rahman mengantarkannya masuk nominasi 6 terbaik Camat Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat Tahun 2022.

banner 336x280

Menindaklanjuti ekspos Herru Rahman beberapa waktu lalu di Provinsi Sumatra Barat beberapa waktu lalu, Tim Penilai Kompetensi Camat lakukan verifikasi langsung ke Kecamatan Salimpaung untuk menilai yang terbaik, Rabu (21/9/2022).

Tim penilai terdiri dari dua orang pamong senior yakni Drs. Alwi yang merupakan mantan Sekda provinsi Sumbar, Drs. Mardi mantan Inspektur provinsi Sumbar, bersama Ketua Tim Verifikasi Andri Yulika Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumbar bersama anggota disambut Sekda Iqbal Ramadi Payana dan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Dikatakan Herru, Program Rajawali mengusung tema melaksanakan rapat koordinasi pemerintah Kecamatan dengan Wali Nagari di alam terbuka.

“Di kantor Kecamatan kita membuat sebuah ruang terbuka yang diberi nama Palanta Talampau Sayang singkatan Pelayanan Kecamatan untuk Tabek Patah, Lawang Mandahiling, Salimpaung, Sumanik, Situmbuk, dan Supayang,” sampainya.

Tidak hanya itu, Herru juga menyampaikan, sejak diberi amanah menjadi Camat Salimpaung, berbagai terobosan dan inovasi dilakukan dalam peningkatan pelayanan, pembangunan, serta ikut mensukseskan isu strategis Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Fasilitasi pembangunan pasar Nagari Sumanik dengan pendekatan kepada masyarakat dalam upaya menciptakan Trantibum pada saat pra dan pasca pembangunan.

Inovasi Bidang Pelaksanaan Pembangunan, memfasilitasi kegiatan swadaya masyarakat dalam melaksanakan pembangunan sarana prasarana di Nagari seperti rabat beton di nagari Sumanik dengan panjang ruas 1.120 meter yang melibatkan perantau Sumanik.

Belum lama Herru juga melakukan fasilitasi program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar yakni pelaksanaan satu Nagari satu event di Talago Kamba Nagari Tabek Patah.

Di kesempatan itu Herru juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berbagai inovasi yang dilakukan.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama semua pihak, baik Wali Nagari se Kecamatan Salimpaung, unsur Forkopimca, serta stakeholder terkait, dan elemen masyarakat di Kecamatan Salimpaung yang telah mendukung berbagai inovasi yang dilakukan,” kata Herru.

Kemudian Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Iqbal Ramadi Payana mengatakan, dalam menentukan yang bakal mewakili Tanah Datar pada ajang kompetisi Camat, Pemda Tanah Datar tidak lantas menunjuk begitu saja.

“Pemda telah melakukan seleksi yang sangat ketat, dari 14 camat diseleksi menjadi 6 besar, selanjutnya Camat Salimpaung terpilih menjadi yang paling berprestasi untuk mewakili Kabupaten Tanah Datar dalam ajang kompetisi Camat berprestasi ditingkat Propinsi Sumatera Barat,” kata Iqbal.

Sekda Iqbal mengungkapkan, selain melaksanakan tugas dan fungsinya, Camat juga harus berperan sebagai perpanjangan tangan bupati di Kecamatan.

“Seorang Camat harus tinggal di rumah dinas yang telah di sediakan, kemudian juga dituntut untuk melahirkan berbagai inovasi agar pelayanan dapat diakses dengan cepat dan tepat oleh masyarakat untuk memudahkan mereka memperoleh pelayanan,” ungkapnya.

Diakhir arahan Sekda Iqbal berharap Camat Salimpaung bisa menjadi Camat terbaik di Sumbar dengan kelebihannya serta inovasi yang telah diluncurkan.

“Selamat atas prestasi telah mampu menjadi nominasi 6 terbaik di Sumbar, semoga ke depan mampu menjadi terbaik pada penilaian tahap II ini,” tukasnya.

Sementara itu Ketua tim penilai Andri Yulika mengatakan, pada hakikatnya penilaian ini merupakan ajang pembinaan kepada Camat terkait dengan tugas pokok yang telah dilakukan.

“Untuk itu fokus penilaian akan dibagi dalam tiga bidang yaitu bidang Penyelengaraan Pemerintahan, Pelayanan Publik dan Pemberdayaan Masyarakat,” sampainya.

Karena itu, tambah Andri, diharapkan Camat yang telah ditunjuk untuk dikunjungi agar memberikan informasi yang jelas dan tidak mengada-ngada.

“Di samping menggali informasi kepada Camat, tim juga akan meminta tanggapan masyarakat atas inovasi yang telah dilakukan dan memasuki ruangan pelayanan, untuk proses penilaian kami harapkan kerja sama dari semua pihak,” ujarnya. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *