//phaurtuh.net/4/4345761 Lirik Wisata Tim Pengabdian UNP Kunjungi Nagari Salimpaung - KABAR KINI SITE

Lirik Wisata Tim Pengabdian UNP Kunjungi Nagari Salimpaung

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar,kabarkinisite.com – Tim pengabdian dari Universitas Negeri Padang (UNP) di Nagari Salimpaung yang dihadiri oleh Wali Nagari Salimpaung Drs.Marjohan, Ketua KAN Salimpaung Sy Dt Maharajo Tambosa SY.S.Pd.MM, Ketua BPRN Salimpaung Y Dt Rajo Sampono, Ketua APPATAR Tanah Datar Masriwal, Tokoh Masyarakat, Kepala Jorong Nan IX,Nan II Suku, Koto Tuo dan Padang Jaya serta pengurus Pokdarwis Bukik Godang juga pegiat wisata lainnya.

Pengembangan wisata Nagari dan Advokasi pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berbasis keterlibatan Stakeholder di Nagari Salimpaung itulah Tema yang diangkat kali ini.

Acara yang dimulai jam 10.00 Wib itu dibuka oleh wali Nagari Salimpaung Drs.Marjohan sampaikan dalam sambutannya, bersyukur kita Nagari salimpaung dapat penghargaan dari pihak UNP melaksanakan pengabdiannya di Nagari dalam membimbing bagaimana pengelola objek wisata atau Pokdarwis di nagari terbentuk dan punya panduan yang jelas.

Marjohan pun sampaikan, bahwa di Nagari Salimpaung punya beberapa objek wisata, Bukik Godang objek Paralayang telah terlaksana dan karena pandemi Covid-19 sekarang terhenti sementara, dan ini butuh bimbingan dan arahan, begitu juga ada objek air terjun 7 tingkat yang belum terealisasi, dan selamat mengikuti acara ini sampai selesai, tuturnya.


Ketua tim pengabdian dari UNP Hidayatul Fajri, S.AP.,MPA dalam sambutannya juga sampaikan terimakasihnya kepada pihak Wali Nagari yang telah memfasilitasi kegiatan ini, memang dalam penelitian kami dari pihak UNP potensi di Nagari Salimpaung punya tentang objek wisata dan Pokdarwisnyapun telah ada.

Namun belum maksimal berjalan, inipun butuh suppor dan dukungan semua pihak atau Stakeholder yang ada di Nagari Salimpaung, Insya-Allah kita dalami apa permasalahan dan akan kita carikan solusinya, kata Fajri yang didampingi anggota Tim Iip Permana, ST.,MT, Yuliarti, S.E.,M.E Narasumber, Rahmadhona Fitri Helmi, S.Ap.,MPM, Artha Dini Akmal, S.Ap.,MPA.

Rahmadhona Fitri Helmi, S.Ap.,MPM selaku nara sumber membacakan makalahnya, situasi masalah, kunjungan wisatawan ke Bukik Godang baik sekedar berkunjung untuk menikmati panorama ataupun dalam rangka bermain paralayang masih sangat rendah.

Kebanyakan pengunjung hanya berasal dari daerah sekitar dan itupun hanya sekedar untuk menikmati pemandangan, pariwisata di Nagari Salimpaung belum mampu berkontribusi signifikan dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar dan Nagari, ketersedian pusat oleh-oleh,penginapan, parkir, dan tempat makan masih belum memadai.

Rahmadhona Fitri Helmi, S.Ap.,MPM selanjutnya sampaikan perlu pengembangan desa wisata, kreteria desa wisata, mengapa desa wisata, prinsip dasar pengembangan desa wisata, upaya mendorong desa wisata berkelanjutan, Juga 5 pilar utama pengembangan desa wisata, pemerintah, industri pariwisata, media, akademisi dan masyarakat.

Sehabis pemaparan tersebut moderator minta usulan atau tangapan tentang pemaparan dari pemateri, dan peserta pengabdian sangat senang dan harap ini berkelanjutan pembinaan terhadap Pokdarwis langsung nantinya, karena kesadaran berwisata di Nagari memang rendah.

Ketua Tim pengabdian UNP Hidayatul Fajri, S.AP.,MPA yang bijak dalam menanggapi usulan tersebut menjawab, karena ini kegiatan pengabdian hanya sekali dalam setahun cobalah masukan proposal ke pihak UNP mudah-mudahan untuk tahun depan bisa terlaksana. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.