//phaurtuh.net/4/4345761 PMDPPKB Tanah Datar :Peningkatan Terhadap Kelembagaan Adat, Budaya dan Keagamaan Melalui Pelatihan - KABAR KINI SITE

PMDPPKB Tanah Datar :Peningkatan Terhadap Kelembagaan Adat, Budaya dan Keagamaan Melalui Pelatihan

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, kabarkinisite.com – Dinas PMDPPKB tanah Datar mengadakan pelatihan Peningkatan Wawasan Adat Bagi Pengurus LKAAM Kabupaten, Ketua LKAAM Kecamatan dan Ketua KAN se Tanah Datar 2021, Senin (4/10/2021) di Emersia Hotel Batusangkar.



Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari dengan peserta kurang lebih 119 orang dari Pengurus LKAAM Tanah Datar, Ketua LKAAM Kecamatan dan Ketua KAN bertempat di Emersia Hotel dengan hadirkan nara sumber Ketua LKAAM Sumbar, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanah Datar, Kadis PMDPPKB dan Ketua LKAAM Tanah Datar


Pada pembukaan pelatihan PMDPPKB Bupati Eka Putra menyampaikan saat ini dampak dari perkembangan teknologi informasi dan globalisasi dirasakan menjadi salah satu penyebab penurunan pemahaman nilai-nilai kehidupan beragama, adat dan berbudaya, khususnya di Tanah Datar.

“Dampak itu terindikasi dengan memudarnya keimanan, ketaqwaan dan moral atau akhlak masyarakat sebagai ciri Sumber Daya Manusia yang berkualitas, yang berimplementasi terhadap maraknya terjadi perbuatan asusila, pelanggaran norma agama dan adat di masyarakat,” ujar Eka.

banner 336x280



penurunan atau pergeseran nilai-nilai dalam masyarakat, tambah Eka Putra, secara internal ataupun eksternal disebabkan berbagai faktor, diantaranya dangkalnya penghayatan agama dan adat, kurangnya perhatian orang tua, hilangnya rasa malu, terbuka akses dari dan ke dunia luar dan lainnya.

“Langkah kebijakan atas permasalahan itu, Pemkab Tanah Datar menempatkan dalam visi daerah yaitu terwujudnya Kabupaten Tanah Datar Madani, yang Berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujar Eka.

Ditempat terpisah di temui wartawan kepada dinas PMDPPKB menyampaikan



” Pelatihan ini dihadiri oleh 30 LKAAM, 75 KAN Se – tanah Datar dam 14 LKAAM Kecamatan yang ada, dengan lebih kurang sebanyak 119 orang ” tutur Kadis Saat di temui media pada saat selesai pembukaan.

Ditemui salah satu peserta pelatihan Ismet Katik Intan Ameh Ketua KAN Nagari sungai tarab mengatakan Dengan adanya kegiatan kegiatan seperti ini kami berharap kedepan jangan satu kali satu tahun saja di adakan akhir-akhir anggaran yang akhir tahun




Ismet Katik Intan Ameh ” kami berharap pelatihan tersebut diadakan 2 kali setahun pelatihan ini ya diadakan minimal dua kali setahun” tuturnya

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Pak Bupati tadi ada peningkatan operasional niniak mamak itu kapan perlu segera ditindaklanjuti tambahnya. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.