Launching Nagari Baringin Bebas Narkoba, Bupati Eka Putra : Ini Bukti Tanah Datar Menyatakan Perang Terhadap Narkoba

banner 120x600
banner 468x60

Tanah Datar, – Dengan adanya Kampung Bebas dari Narkoba menjadi salah satu langkah dalam memerangi penyalahgunaan Narkona di Luhak Nan Tuo ini.

banner 336x280

Sebagaimana dikatakan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. saat melaunching Nagari Baringin sebagai Kampung Bebas dari Narkoba, di Kantor Wali Nagari Baringin, Jumat (25/8/2023).

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra juga mengatakan bahwa adanya Kampung Bebas dari Narkoba, merupakan salah satu upaya untuk melindungi generasi muda dari segala bentuk penyalahgunaan Narkoba.

“Mudah-mudahan dengan di launchingnya Kampung Bebas dari Narkoba ini, memberikan dampak positif bagi masyarakat. Sehingga, daerah yang kita cintai ini terlindungi dari bahaya Narkoba,” ujar Bupati Eka Putra.

Ia pun menambahkan bahwa Narkoba menjadi musuh bersama, yang harus ditangani sesegera mungkin, sehingga tidak lagi ruang gerak bagi orang untuk menyalahgunakan Narkoba.

“Narkoba inilah yang menyebabkan anak melawan kepada orang tuanya, kemanakan tidak menghargai mamaknya dan hal negatif lainnya. Maka dari itu, mari bergandengan tangan untuk terus memerangi narkoba. Prestasi yes, narkoba no,” ujar Bupati Eka.

Selanjutnya, Bupati Eka Putra berharap Program Kampung Bebas dari Narkoba di Nagari Baringin bisa menjadi Nagari percontohan bagi 74 Nagari lainnya di Tanah Datar. “Semoga hari ini, menjadi bukti bahwa Tanah Datar menyatakan perang terhadap narkoba. Ini tidak ngampang. Untuk itu, kita butuh dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K mengatakan persiapan menjadikan Nagari Baringin sebagai Kampung Bebas dari Narkoba tidak lepas dari peran aktif seluruh lapisan masyarakat untuk melawan bahaya Narkoba di daerahnya.

“Kita hanya butuh waktu satu bulan untuk mempersiapkan launching Kampung Bebas dari Narkoba di Nagari Baringin. Ini tentu, menunjukan sinergi yang kuat dari seluruh pihak dalam upaya memerangi Narkoba,” ujarnya.

Ia pun berharap program Kampung Bebas dari Narkoba dapat berjalan dengan baik, “Kedepan, melalui program Kampung Bebas dari Narkoba, kita harapkan angka kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Tanah Datar dapat ditekan. Mudah-mudahan program ini berjalan tanpa ada kendala yang berarti,” ujarnya.

Selanjutnya, Wali Nagari Baringin H. Irman Idrus mengatakan kegiatan pada program Kampung Bebas dari Narkoba yakni pembentukan dan penetapan pokja Kampung Bebas dari Narkoba, sosilisasi, edukasi, patroli, penindakan serta rehabilitasi.

“Pemerintah Nagari Baringin dan Polres Tanah Datar bekerjasama mewujudkan Kampung Bebas dari Narkoba dengan tujuan, yaitu mengantisipasi hingga memberantas peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Tanah Datar khususnya di Nagari Baringin,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, pada launching Kampung Bebas dari Narkoba dinobatkan 2 anak Nagari Baringin sebagai Duta Anti Narkoba yang bertugas untuk mengkampanyekan bahaya dari narkoba.

“Iya, ada dua anak Nagari Baringin menjadi Duta Anti Narkoba, tugasnya melakukan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya narkoba di sekolah, lingkungan dan sebagainya. Nanti, didampingi Sat Res Narkoba Polres Tanah Datar, sehingga tidak ada lagi anak-anak menjadi korban narkoba,” ujarnya.

Hadir pada saat itu, Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi, Dt. Bungsu, Dandim 0307 TD Letkol. Czi. Sutrisno, S.T, M.Ip, Kajari Tanah Datar Otong Hendra Rahayu, SH. MH., Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tanah Datar Elizar, SH., Kepala Kesbangpol Tanah Datar Drs. Herison, Camat Lima Kaum Ikrar Pahlevi, S.STP, ninik mamak, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Joli)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *