//phaurtuh.net/4/4345761 PANITIA PACU KUDA OPEN RACE DIKUKUHKAN Eka Putra : Terus Jaga Komunikasi Secara Intens Agar Semua Berjalan Lancar Dan Sukses - KABAR KINI SITE

PANITIA PACU KUDA OPEN RACE DIKUKUHKAN Eka Putra : Terus Jaga Komunikasi Secara Intens Agar Semua Berjalan Lancar Dan Sukses

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar : Bupati Eka Putra Kukuhkan Panitia Pacu Kuda Open Race 2022 yang akan digelar di Lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar, Rabu, (12/10) di Gazebo Indojolito Batusangkar.

banner 336x280

Turut hadir dikesempatan tersebut Asisten Ekonomi dan Pembangunan Abdul Hakim, pimpinan OPD terkait, Camat Lima Kaum dan Tanjung Emas, Wali Nagari Baringin, Wali Nagari Saruaso dan Wali Nagari Pagaruyung.

Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa event pacu kuda open race tradisional tahun 2022, merupakan permainan anak nagari di ranah minang dalam bentuk ajang lomba yang berwujud olahraga dan saat ini sudah menjadi agenda tetap Pordasi Sumatera Barat.

“Berdasarkan historis pacu kuda di Sumatera Barat ternyata sudah berkembang sejak pemerintahan Hindia Belanda dibawah organisasi Ren Varenaking pada tahun 1912, kemudian berkembang menjadi tradisi alek anak nagari atau pesta rakyat,” kata Eka Putra.

Pasalnya tambah Eka Putra, event pacu kuda yang menganut nilai-nilai budaya ini juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Bupati juga tegaskan kepada panitia selama kegiatan pacu kuda dilarang keras mengadakan segala bentuk perjudian. “Layanani tamu dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan, serta tata dengan baik para pedagang dan lokasi parkir,” pesannya.

Diakhir arahannya, Bupati juga ucapkan selamat bertugas kepada panitia dan meminta agar panitia selalu melakukan komunikasi yang intens baik antar panitia dan semua pihak agar kegiatan pacu kuda nantinya berjalan lancar dan sukses.

Dalam pengukuhan susunan panitia tersebut juga melibatkan tiga kenagarian yaitu Nagari Baringin Kecamatan V Kaum, Nagari Saruaso dan Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas serta melibatkan personil TNI, Polri serta Pemkab Tanah Datar.

Sementara, selaku Ketua Pelaksana dari Kodim 0307 Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Letda Inf Dasfial sampaikan event pacu kuda akan dilaksanakan pada Minggu dan Senin tanggal 16 – 17 Oktober 2022 di Lapangan Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar.

Lebih lanjut Dasfial sampaikan sampai saat ini berbagai persiapan sudah di lakukan mulai dari pembenahan lapangan pacu, perbaikan kandang, serta pembangunan terbone penonton. “Insya Allah pada minggu nanti, pacu siap di helat dan semua itu tidak terlepas dari kerjasama panitia dan dukungan dari semua pihak nantinya khususnya Pordasi Sumbar. (Joli)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *